Beranda Headline GP Malaysia: Mari Menghitung Peluang Marquez

GP Malaysia: Mari Menghitung Peluang Marquez

BERBAGI

Akankah nanti sore sudah bisa ditentukan gelar juara dunia? Mari berhitung. Saat ini Marc Marquez masih memimpin klasemen dengan selisih 33 poin dari Andrea Dovizioso. Artinya jika hari ini Marquez menang, dan di posisi berapapun Dovi, secara otomatis perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 sudah usai. Marc Marquez juara dunia MotoGP 2017.

Bahkan finish di posisi kedua pun Marquez sudah bisa menutup perjalanan MotoGP 2017 dengan senyum lebar. Ya, Marquez juara dunia MotoGP 2017. Dalam hal ini Dovi mutlak harus menang dan Marquez hanya butuh finish dengan selisih 8 poin dari Dovi. Jika Dovi finish kedua, maka Marquez cukup berada di peringkat 4. Lantas jika kalau Dovi finish ketiga, posisi finish 8 untuk Marquez sudah cukup.

Namun kemungkinan Marquez finish di posisi 8 besar sangatlah kecil. Selama ini Marquez selalu finish di posisi 6 besar. Kecuali jika terjatuh.

Apakah peluang Marquez tetap besar? Saat ini Marquez banyak kendala yang harus diatasi. Pertama adalah cuacanya. Ramalan untuk hari Minggu di Sepang adalah hujan deras dari siang hingga sore hari. Namun pada hari Jumat, Andrea Dovizioso bersama Ducati sangat perkasa ketika kondisi hujan. Sedangkan Marquez lebih lambat. Sama hal ketika kondisi kering. Race pace Dovi 2 menit 00 detik lebih baik dibanding Marquez yang masih 2 menit lebih dari 0,5 detik.

Dalam kondisi panas bisa jadi malapetaka. Apalagi bagi Marquez berujar bahwa sepang adalah lintasan terburuk baginya. “Apa yang membuat sulit, munngkin adalah kondisi cuaca yang panas. Kamu membutuhkan karakter yang lembut untuk menghemat ban. Namun saya bertipikal agresif. Saya butuh konsentrasi untuk bergaya lembut, tapi itu sangat sulit. Apalagi top speed motor kami tidak terlalu bagus, apalagi ada 2 trek lurus di Sepang,” ucap Marc Marquez.

Masih ditambah dengan hal lain. “Kami tidak memiliki ritme terbaik, bahkan di FP4, karena Dovi melakukan 2 menit 00,6 detik dengan banyak lap dan ban belakang soft. Selain Dovi, Dani pun memiliki ritme yang baik. Ada 3 atau 4 pembalap yang bisa bertarung untuk naik podium,” jelas Marc Marquez.

Namun jika basah, ”Semua perhitungan tadi batal. Mungkin jam 2 siang akan ada hujan dan segalanya berubah. Kita perlu melihat semuanya bagaimana kita bisa mengaturnya,” lanjutnya.

Hambatan kedua adalah dari kelompok besar pembalap yang sangat cepat di Sepang. Ada beberapa rider yang mampu naik podium, dan mungkin malah menang. “Saya pikir ada 5, 6 atau 7 pembalap yang memiliki kecepatan yang sama,” ungkap Jorge Lorenzo.

Apalagi Valentino Rossi yang pernah ‘dikerjai’ Marquez di Sepang juga memiliki peluang untuk menang. “Ini sangat sangat terbuka memperjuangkan kemenangan, pertarungan untuk podium,” ujar Valentino Rossi.

Lantas hambatan ketiga justru datang dari semua pembalap Ducati. Tentunya mereka semua akan membantu untuk memberikan peluang lebih baik untuk Dovi. Bahkan Danilo Petrucci siap membantu Andrea Dovizioso untuk merebut titel juara dunia bagi Ducati yang kedua setelah Casey Stoner.

Nasib Marquez pun ditentukan sore nanti. Bintang, foto : motogp

Facebook Comments